Cegah Pelanggaran Pemilu 2024, Pengawas TPS Lapas Narkotika Karang Intan Ikuti Bimtek

Cegah Pelanggaran Pemilu 2024, Pengawas TPS Lapas Narkotika Karang Intan Ikuti Bimtek

08 Februari 2024, 18:31
Bangkapost - Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Lembaga Pemasyarakan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan ikuti bimbingan teknis (bimtek) KPPS se-Kecamatan Karang Intan bertempat di Aula Pokogonco Achmad Karang Intan, Kamis (8/2). Kegiatan bimtek ini untuk memastikan seluruh PTPS memahami berbagai tahapan tugas yang harus dilaksanakan demi suksesnya pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

“Bagus tidaknya penyelenggaraan pemilu tergantung para petugasnya, termasuk PTPS yang harus menjaga integritas, kode etik dan kode perilaku selama melaksanakan tugas mengawal pelaksanaan pemungutan suara dengan sebaik-baiknya,” ujar Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Karang Intan, Setya Kariyadi, awali sambutan

Garis besar tugas PTPS melakukan pengawalan distribusi kotak suara dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke TPS. Selain itu PTPS juga melakukan pengawasan mulai dari persiapan pemungutan suara, pemungutan suara, penghitungan suara hingga kotak suara yang sudah selesai dihitung didistribusikan kembali ke PPK.

“PTPS memiliki lembar kerja, nanti isi form tersebut sesuai peruntukan. Gunakan kewenangan kita dengan bijak, namun tanpa mengabaikan peraturan yang berlaku,” pintanya.

PTPS Lapas Narkotika Karang Intan mendapatkan berbagai materi teknis perihal pelaksanaan tugas. Adapun diantaranya sebelum pemungutan suara, pengawasan pemungutan suara, pengawasan jelang dan penutupan pemungutan suara. Mereka nantinya melaksanakan tugas mengawasi lima TPS yang ada di Lapas Narkotika Karang Intan.

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo, dalam keterangannya menuturkan, bimtek bagian dari pengetahuan dan dasar bagi PTPS melaksanakan tugas sesuai aturan demi suksesnya Pemilu 2024.

“Bimtek PTPS diperlukan bagi petugas agar mampu melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya agar Pemilu 2024 berlangsung lancar sesuai aturan yang berlaku. Mereka mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengawasi TPS, mencegah terjadinya pelanggaran aturan khususnya di Lapas Narkotika Karang Intan,” pungkasnya.

- Lapas Narkotika Karang Intan

TerPopuler