Bangun Sinergitas, Kalapas Samarinda Hudi Ismono Dampingi Kakanwil Gun Gun Gunawan Audiensi Ke Pemkot Samarinda

Bangun Sinergitas, Kalapas Samarinda Hudi Ismono Dampingi Kakanwil Gun Gun Gunawan Audiensi Ke Pemkot Samarinda

09 Januari 2024, 19:14
Bangkapost - Bangun sinergitas, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim Gun Gun Gunawan di dampingi seluruh Kepala Divisi dan Ka-UPT yang ada di Kota Samarinda, termasuk Kalapas Samarinda Hudi Ismono melakukan kunjungan ke Walikota Samarinda, Selasa, (09/01/2024).                    

Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi dan koordinasi dengan Pemerintah Kota Samarinda. Setiba dilokasi, Kakanwil disambut langsung oleh Walikota Samarinda, Andi Harun beserta jajaran, ia menyampaikan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Kakanwil Kemenkumham Kaltim beserta jajaran.

Dalam pertemuan tersebut, Kakanwil menyampaikan terkait situasi keadaan Lapas, Rutan, Bapas, Rupbasan dan Kantor Imigrasi yang ada di Kota Samarinda.

“Kami berharap kita dapat bekerjasama dan berkomitmen antara Kanwil Kemenkumham Kaltim dan Pemkot Samarinda dalam proses penegakan hukum yang ada di Provinsi Kalimantan Timur, Khususnya di Kota Samarinda,” Tegas Gun Gun Gunawan.     

Kakanwil juga menyampaikan beberapa perencanaan dari Jajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim dalam mengatasi over kapasitas yang terjadi di dalam Lapas dan Rutan di Kaltimtara.

“Over Kapasitas adalah salah satu prioritas kami selama ini, oleh karena itu hingga saat ini kami sedang melakukan proses pembangunan pada Lapas Kelas IIA Balikpapan, agar dapat mengurangi over kapasitas yang terjadi,” Jelasnya.

Selain itu juga, Kakanwil menginformasikan terkait kinerja jajaran Keimigrasian dan Pelayanan Hukum pada Kanwil Kemenkumham Kaltim dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.,

“Hingga saat ini kami telah melakukan perluasan pelayanan Hukum dan Keimigrasian di Kota Samarinda, salah satunya yaitu dengan membuka pelayanan Keimigrasian di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Samarinda, sehingga masyarakat dapat dengan mudah menerima pelayanan,” Pungkas Gun Gun Gunawan.

Sementara itu, Walikota Samarinda, Andi Harun akan melakukan tindak lanjut atas permasalah yang dialami oleh jajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim, termasuk over kapasitas yang terjadi di Lapas dan Rutan, ia juga mengapresiasi atas kinerja dari jajaran Keimigrasian dan Pelayanan Hukum kepada masyarakat yang ada di Kota Samarinda., Ucap Andi Harun.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal dan lukisan hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), yang diserahkan secara langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Kaltim kepada Walikota Samarinda. 

- Lapas Samarinda

TerPopuler