Jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng Tandatangani Ikrar Netralitas Pegawai dalam Menghadapi Pemilu Tahun 2024

Jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng Tandatangani Ikrar Netralitas Pegawai dalam Menghadapi Pemilu Tahun 2024

20 Desember 2023, 12:23
Bangkapost - Pada hari Rabu, 20 Desember 2023 Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) yang dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah, Hermansyah Siregar, menandatangani ikrar netralitas pegawai dalam menghadapi pemilu tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Upacara Lapas Palu, Jalan Dewi Sartika, Birobuli Selatan Palu.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Hermansyah Siregar serta turut dihadiri oleh unsur pemerintah daerah dan berbagai unsur forum komunikasi pimpinan daerah seperti Kejaksaan Tinggi, Korem 132 Tadulako, Kepolisian Daerah Sulteng hingga perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum Sulteng.

Dalam amanatnya, Hermansyah Siregar menyampaikan bahwa netralitas pegawai ASN merupakan hal yang mutlak dalam penyelenggaraan pemilu. ASN harus bersikap netral dan tidak berpihak kepada salah satu peserta pemilu. ASN juga harus menghindari konflik kepentingan dan tidak melakukan intimidasi untuk memilih salah satu peserta pemilu.

"Penandatanganan ikrar netralitas ini merupakan bentuk komitmen kita bersama untuk mewujudkan pemilu yang demokratis, adil, dan transparan," kata Hermansyah Siregar.

Selain Hermansyah Siregar, penandatanganan ikrar netralitas pegawai Kanwil Kemenkumham Sulteng juga diikuti oleh Kepala Satuan Kerja Pemasyarakatan dan Keimigrasian se-Sulawesi Tengah yang saat itu disaksikan langsung oleh para peserta kegiatan yang saat itu dirangkaikan dengan apel kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023/2024.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kanwil Kemenkumham Sulteng untuk menjamin netralitas pegawai dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2024.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng

TerPopuler