Tata Cara Sholat 5 Waktu Beserta Gambarnya

Tata Cara Sholat 5 Waktu Beserta Gambarnya

18 April 2021, 06:42
Tata Cara Sholat 5 Waktu beserta gambarnya sesuai sunnah salaf paling pendek, cukup belajar 1 cara langsung bisa untuk semua Shalat fardhu (Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya) dan beberapa salat sunnah lainnya.

Sebenarnya gerakan Sholat tidak jauh berbeda hanya saja bacaan Sholat di setiap gerakannya memang sangat banyak pilihan varian (bukan perbedaan), memang Nabi Muhammad SAW tipikal orang yang tidak membosankan (tidak monoton).

Jadi jangan heran di satu gerakan yang sama ada banyak sekali bacaan sholat yang berbeda-beda, yang penting dalilnya jelas.

Untuk mempermudah memahami arti bacaan di setiap gerakan, kami kumpulkan dari hadits shahih bacaan sholat paling pendek disetiap gerakannya, jika ingin bacaan yang lain Kamu tinggal mengganti bacaannya saja.

Inilah Tata Cara & bacaan Sholat 5 Waktu paling pendek sesuai sunnah beserta gambar gerakan sholat laki-laki dan perempuan:


Niat Sholat

Baca: Hakikat Niat : tidak Perlu diucapkan untuk mengurangi beban menghafal terlalu banyak Bacaan Sholat.

1. Saat Kamu berkeinginan untuk melakukan shalat maka yang harus Kamu lakukan adalah tidak berhadas, jika berhadas maka bersuci dulu dengan Wudhu jika berhadas kecil, atau Mandi Wajib jika berhadas besar, atau Tayamum jika berhalangan menggunakan air.

2. Saat Kita berkeinginan untuk Sholat yang harus diingat adalah Sholat apa dan Berapa Rakaat?

* Saat Mukim;
- Sholat Subuh = 2 Rakaat
- Sholat Dzuhur = 4 Rakaat
- Sholat Ashar = 4 Rakaat
- Sholat Maghrib = 3 Rakaat
- Sholat Isya = 4 Rakaat
- Sholat Sunnah = umumnya 2 Rakaat 2 Rakaat (cari tahu tentang sholat sunnah tersebut karena ada rakaat ganjil seperti witir atau pengkondisian lainnya.)

*Saat Dalam Perjalanan/safar;
- Sholat Subuh : 2 Rakaat
- Sholat Dzuhur : 2 Rakaat
- Sholat Ashar : 2 Rakaat
- Sholat Maghrib : 3 Rakaat
- Sholat Isya : 2 Rakaat
- Sholat Sunnah : 2 Rakaat 2 Rakaat

  • [1] Qs Al-Maidah:6
    يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَا غْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَ يْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَا فِقِ وَا مْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَ رْجُلَكُمْ اِلَى الْـكَعْبَيْنِ ۗ وَاِ نْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَا طَّهَّرُوْا ۗ وَاِ نْ كُنْتُمْ مَّرْضٰۤى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَآءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَآئِطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَآءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَا مْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَ يْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗ مَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰـكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَ لِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
    "Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan sholat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur."

  • [2] Hadits Tentang Jumlah Rakaat Sholat:
    Dari Aisyah -radhiallahu ‘anha- istri Nabi -shallallahu alaihi wasallam- beliau berkata: Pertama yang diwajibkan shalat kepada Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- adalah dua rakaat dua rakaat kecuali Maghrib yaitu 3 rakaat. Kemudian Allah menyempurnakan (jumlah rakaat) Dzhuhur, Ashar, dan Isya’ 4 rakaat dalam kondisi hadir (tidak safar) dan ditetapkan shalat di waktu safar sebagaimana kewajiban awal (2 rakaat) (H.R Ahmad, dihasankan Syeikh Al Albany dalam Silsilah as-Shahihah no. 2815). [bimbinganislam.com]


  • Gerakan dan Bacaan Takbiratul ihram

    Takbiratul ihram adalah tanda Sholat telah dimulai dengan mengucapkan Takbir "Allohu Akbar" (Allah Maha Besar) dan kedua tangan diangkat.
    tuntunan salat 5 waktu lengkap

    Baik laki-laki maupun perempuan boleh mengangkat sejajar bahu atau daun telinga?
  • Hadits Tentang Mengangkat Kedua Tangan sejajar bahu atau daun telinga:
    – dari Ibnu 'Umar dari Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam, bahwa beliau mengangkat kedua tangan bila memulai shalat, ruku', serta jika mengangkat kepala dari ruku'. Dan jika berdiri dari dua rakaat (Tahiyat Awal) maka beliau mengangkat kedua tangan sejajar dengan kedua bahu. [An-Nasai:1169]

    – Malik bin Al Huwairits dia berkata; "Aku melihat Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam tatkala memulai shalat mengangkat kedua tangannya sejajar dengan kedua daun telinganya, juga ketika hendak ruku' serta saat mengangkat kepala dari rukuk." [An-Nasai:1014]


  • Mengangkat tangan sejajar dengan bahu atau sejajar dengan daun telinga? pilih saja yang menurutmu baik!

    Gerakan dan Bacaan Iftitah

    Iftitah / istiftah adalah doa pembuka dalam Sholat.
    tuntunan sholat 5 waktu

    Bacaan Doa iftitah Latin dan Artinya :
    1. الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ
    Alhamdulillaahi hamdan katsiiron thoyyiban mubaarokan fiih.
    Artinya:
    Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, baik dan penuh berkah. [Muslim:942]

    2. اَللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِى وَبَيْنَ خَطَايَاىَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ . اللَّهُمَّ نَقِّنِى مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ . اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَاىَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ
    Alloohumma baa’id bainii wa baina khothooyaaya kamaa baa’adta bainal masyriqi wal maghrib. Alloohumma naqqinii minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danas. Alloohummaghsil khothooyaaya bil maa-i wats tsalji wal barod.
    Artinya:
    Ya Allah, jauhkanlah antara aku dengan dosa-dosaku, sebagaimana Engkau jauhkan jarak antara timur dan barat, ya Allah bersihkanlah kesalahan-kesalahanku sebagaimana bersihnya kain putih dari kotoran, ya Allah cucilah diriku dengan salju, air dan embun. [Abu-Dawud:663]

    Pilih salah satu saja, atau Kamu bisa pakai doa iftitah yang lainnya sesuai Sunnah, karena memang Nabi SAW mencontohkan banyak sekali.

    Membaca Surat Al-Quran

    gambar gerakan sholat 5 waktu
    *Rakaat Pertama dan Kedua membaca Surat Al-Fatihah ditambah 1 Surat Al-Quran Lainnya.
    *Rakaat Ketiga dan Keempat cukup membaca Al-Fatihah saja.
    Abu Hurairah berkata, "Dalam setiap shalat dia membaca, maka sesuatu yang diperdengarkan oleh Rasulullah, niscaya kami memperdengarkannya kepada kalian. Dan sesuatu yang disembunyikan oleh Rasulullah, niscaya kami menyembunyikannya untuk kalian."

    Maka seorang laki-laki berkata kepadanya, "Apabila aku tidak menambahkan pada Ummul Qur'an (dengan surat lainnya)?"

    Maka dia menjawab, "Jika kamu menambahkan padanya, maka itu adalah baik, dan jika kamu berhenti padanya, maka sudah cukup bagimu."
    (HR. Muslim:600)

    "Bahwa penduduk Kufah mengadukan Sa'ad kepada Umar bin al-Khaththab lalu mereka menyebutkan sebagian dari (kejelekan) shalatnya.

    Lalu Umar mengirim utusan kepadanya. Utusan tersebut menghadapnya dan menceritakan celaan penduduk Kufah tentang shalatnya.

    Maka Sa'ad menjawab, 'aku shalat mengimami mereka dengan shalat (yang dilakukan) Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam. Saya tidak menguranginya. aku memanjangkannya pada dua rakaat pertama, dan memendekkan dua rakaat lainnya.'

    Dia berkata, '(Berarti) itu hanyalah prasangka buruk mereka terhadapmu wahai Abu Ishaq'."
    (HR. Muslim:689)

    Referensi: 19 Surat Pendek Al-Quran untuk bacaan Sholat beserta Murottal Mp3
    Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
    اِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ اَنَّكَ تَقُوْمُ اَدْنٰى مِنْ ثُلُثَيِ الَّيْلِ وَ نِصْفَهٗ وَثُلُثَهٗ وَطَآئِفَةٌ مِّنَ الَّذِيْنَ مَعَكَ ۗ وَا للّٰهُ يُقَدِّرُ الَّيْلَ وَا لنَّهَا رَ ۗ عَلِمَ اَنْ لَّنْ تُحْصُوْهُ فَتَا بَ عَلَيْكُمْ فَا قْرَءُوْا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْاٰ نِ ۗ عَلِمَ اَنْ سَيَكُوْنُ مِنْكُمْ مَّرْضٰى ۙ وَاٰ خَرُوْنَ يَضْرِبُوْنَ فِى الْاَ رْضِ يَبْتَغُوْنَ مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ ۙ وَاٰ خَرُوْنَ يُقَا تِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۖ فَا قْرَءُوْا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ ۙ وَاَ قِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰ تُوا الزَّكٰوةَ وَاَ قْرِضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا ۗ وَمَا تُقَدِّمُوْا لِاَ نْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدَ اللّٰهِ هُوَ خَيْرًا وَّاَعْظَمَ اَجْرًا ۗ وَا سْتَغْفِرُوا اللّٰهَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
    "Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwa engkau (Muhammad) berdiri (sholat) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam, atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersamamu. Allah menetapkan ukuran malam dan siang.

    Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menentukan batas-batas waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur'an; Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit, dan yang lain berjalan di bumi mencari sebagian karunia Allah; dan yang lain berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur'an dan laksanakanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik.

    Kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS. Al-Muzzammil:20)


    Gerakan dan Bacaan Rukuk

    Setelah selesai membaca Surah Al-Quran, ucapkan Allohu Akbar dan mengangkat kedua tangan.
    tuntunan salat 5 waktu lengkap

    Lalu lakukan Rukuk
    cara belajar sholat 5 waktu
    Bacaan Doa Rukuk / Ruku' Latin dan Artinya :
    سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ
    Subhaana robbiyal 'azhiimi
    (Maha suci Tuhanku yang Maha Agung). [Abu-Dawud:737]
    Bisa dibaca berkali-kali, biasanya 3x.

    Gerakan dan Bacaan itidal

    Setelah selesai Rukuk kembalilah berdiri & Angkat Kedua Tangan sambil Mengucapkan "Sami’alloohu Liman Hamidah" (Allah Maha Mendengar orang yang memuji-Nya)
    tuntunan salat 5 waktu lengkap

    Lalu turunkan tangan untuk memulai I'tidal
    tuntunan belajar sholat 5 waktu
    Bacaan Doa Itidal Latin dan Artinya :
    1. رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ
    Robbanaa walakal hamdu (bisa walakal atau lakal)
    (Wahai Tuhan kami, bagi-Mu segala pujian) [An-Nasai:1053]

    2. رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ اْلاَرْضِ وَمِلْءُمَاشِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ
    Robbanaa Lakal Hamdu Mil’us Samaawati Wamil’ul Ardhi Wamil’u Maasyi’ta Min Syai’in Ba’du.
    (Wahai Tuhan Kami ! Hanya Untuk-Mu Segala Pujian, Sepenuh Langit Dan Bumi Dan Sepenuh Barang Yang Kau Kehendaki Setelah itu). [An-Nasai:1056] [Abu-Dawud:720]

     Pilih salah satu saja.

    Gerakan dan Bacaan Sujud

    panduan belajar sholat 5 waktu
    Bacaan Doa Sujud Latin dan Artinya :
    سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى
    Subhaana rabbiyal a’laa.
    (Maha suci Tuhanku yang Maha Tinggi). [Abu-Dawud:737]

    bisa dibaca berkali-kali, biasanya 3x.

    Gerakan dan Bacaan Duduk diantara 2 Sujud (iftirasy)

    bacaan sholat 5 waktu beserta gamba
    Bacaan Doa Duduk diantara 2 Sujud (iftirasy) Latin dan Artinya :
    رَبِّ اغْفِرْ لِي، رَبِّ اغْفِرْ لِي
    Robbigh-fir lii, Robbigh-fir lii.
    (Ya Tuhanku ampunilah Aku, Ya Tuhanku ampunilah Aku). [An-Nasai:1133]
    bisa dibaca berkali-kali, biasanya 3x

    Gerakan dan Bacaan Tahiyat Awal

    bacaan sholat 5 waktu beserta gambar
    Bacaan Doa Tahiyat / Tasyahud Awal Latin dan Artinya :
    التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ
    At tahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaat lillah.
    Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wa barokaatuh.
    Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillahish sholihiin.
    Asyhadu alla ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rosuuluh.


    (Segala ucapan selamat, keberkahan, shalawat, dan kebaikan adalah bagi Allah.
    Semoga kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan barakah-Nya.
    Semoga kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang shalih.
    Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya). [Ibnu-Majah:890]
    *Mengangkat jari telunjuk tangan kanan pada saat membaca illallaah.

    Setelah selesai Tahiyat Awal berdirilah sambil membaca takbir "Allohu Akbar" dan mengangkat kedua tangan untuk memulai Rakaat ketiga.
    bacaan shalat 5 waktu sesuai sunnah
    Sebagai catatan Tahiyat Awal dilakukan di Rakaat Kedua dan hanya dilakukan jika Sholat yang dikerjakan lebih dari 2 Rakaat, Jadi jika Sholat yang dikerjakan 2 Rakaat atau 1 Rakaat saja, maka tidak ada Tahiyat Awal (langsung ke Tahiyat Akhir dan Salam).

    Gerakan dan Bacaan Tahiyat Akhir

    Pada Tahiyat Akhir Kita juga membaca doa seperti bacaan Tahiyat Awal ditambah Shalawat Nabi dan doa lainnya jika berkenan.
    Posisi duduknya pun berbeda, kaki kiri sedikit dimajukan kedepan (tidak diduduki).
    bacaan sholat 5 waktu
    Bacaan Doa Tasyahud / Tahiyat Akhir Latin dan Artinya :
    التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ
    At tahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaat lillah.
    Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wa barokaatuh.
    Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillahish sholihiin.
    Asyhadu alla ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rosuuluh.


    (Segala ucapan selamat, keberkahan, shalawat, dan kebaikan adalah bagi Allah.
    Semoga kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan barakah-Nya.
    Semoga kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang shalih.
    Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya). [Ibnu-Majah:890]

    Dilanjutkan membaca Shalawat Nabi:
    اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
    Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kamaa shollaita ‘ala Ibroohim wa ‘ala aali Ibrohim, innaka hamidun majiid.
    Allahumma baarik ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kamaa baarokta ‘ala Ibrohim wa ‘ala aali Ibrohimm innaka hamidun majiid
    .

    (Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi shalawat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.
    Ya Allah, berkahilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkahi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung). [Ibnu-Majah:894]

    Atau Sholawat Nabi yang ini:
    'ALLOOHUMMA SHOLLI 'ALAA MUHAMMAD WA'ALAA AALI MUHAMMAD, KAMAA SHOLLAITA 'ALAA AALI IBROOHIIMA WABAARIK 'ALAA MUHAMMAD WA'ALAA AALI MUHAMMAD KAMAA BAAROKTA 'ALAA AALI IBROOHIIMA FIL'AALAMIINA INNAKA HAMIIDUN MAJIID.

    Artinya: Ya Allah, berilah shalawat atas Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau memberi shalawat atas keluarga Ibrahim, dan berilah berkah atas Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau memberi berkah kepada keluarga Ibrahim di dunia. Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.'
    [HR. Muslim:613]
    Kamu juga bisa pakai shalawat lainnya yang diajarkan Nabi Muhammad SAW, cukup sampai membaca shalawat Nabi sudah cukup untuk mengakhiri Sholat. Tapi kalau kamu mau menambah bacaan doa silahkan ambil dari Al-Quran atau Hadits.  

    Gerakan dan Bacaan Salam

    Mengucap Salam menoleh ke kanan dan ke kiri.
    bacaan sholat lengkap 5 waktu
    Bacaan Salam:
    Assalaamu 'alaikum wa rahmatullahi.
    (semoga keselamatan dan rahmat Allah tetap atas kalian). [An-Nasai:1307]

    Untuk pola gerakannya kurang lebih seperti itu Kamu tinggal mengCustom atau mengganti Bacaannya dengan varian lain kalau kurang cocok atau cari suasana baru yang penting dalilnya jelas.

    Urutan Gerakan Sholat disetiap Rakaat

    Kalau sudah paham pola gerakan dan bacaannya sekarang pahami tata cara / urutan gerakan Sholat 5 waktu dan sunnah berdasarkan Rakaatnya dibawah ini.

    Rakaat Pertama:
    sebelum memulai sesuatu dianjurkan membaca "basmallah".

    – Takbiratul ihram
    – Iftitah
    – Membaca Surat Al Fatihah dan 1 Surat Al-Quran lainnya
    – Rukuk
    – I'tidal
    – Sujud
    – Duduk iftirasy
    – Sujud
    *Jika Sholat hanya 1 Rakaat, maka langsung Tahiyat Akhir dan Salam
    *Jika lebih dari 1 Rakaat, maka berdirilah untuk memulai Rakaat Kedua.

    Rakaat Kedua:
    – Membaca Surat Al Fatihah dan 1 Surat Al-Quran lainnya
    – Rukuk
    – I'tidal
    – Sujud
    – Duduk iftirasy
    – Sujud
    – Tahiyat Awal
    *Jika Sholat hanya 2 Rakaat, maka langsung Tahiyat Akhir dan Salam (tidak ada Tahiyat Awal)
    *Jika lebih dari 2 Rakaat, maka setelah selesai Tahiyat Awal berdirilah untuk memulai Rakaat Ketiga.

    Rakaat Ketiga:
    – Membaca Surat Al Fatihah
    – Rukuk
    – I'tidal
    – Sujud
    – Duduk iftirasy
    – Sujud
    *Jika Sholat hanya 3 Rakaat, maka langsung Tahiyat Akhir dan Salam
    *Jika lebih dari 3 Rakaat, maka berdirilah untuk memulai Rakaat Keempat.

    Rakaat Keempat:
    – Membaca Surat Al Fatihah
    – Rukuk
    – I'tidal
    – Sujud
    – Duduk iftirasy
    – Sujud
    – Tahiyat Akhir
    – Salam


    Kamu juga bisa memanfaatkan Sholat untuk menghafal surat Al-Quran sedikit demi sedikit, jadi jangan fokus surat itu-itu aja yang dibaca dan pahami juga Artinya biar greget (kata ulama Kusyuk).

    Baca Juga: Sering Lupa Rakaat? ini Cara mudah Sholat yang Khusyuk

    Tapi untuk beberapa Sholat sunnah ada pengkondisian seperti Sholat ied yang memperbanyak Takbiratul ihram (7x dan 5x) tapi gerakan selanjutnya sama dan ada juga gerakan yang benar-benar berbeda seperti Sholat Mayit ataupun Sholat Gerhana, ada baiknya baca dulu tentang Sholat tersebut.

    Selain banyaknya pilihan varian bacaan di setiap gerakan, jika Sholat tidak bisa berdiri bisa dengan duduk kalau tidak bisa duduk bisa dengan berbaring, jadi bagaimana bisa kamu sampai berpaling?

    url singkat: bangpro.xyz/sholat

    TerPopuler