Tata Cara Wudhu Beserta Gambar

Tata Cara Wudhu Beserta Gambar

28 Januari 2021, 21:47
Wudhu berfungsi untuk membersihkan kita dari Hadas Kecil, karena Sholat harus bersih dari hadas besar maupun hadast kecil.

  • Syarat Sah Wudhu
  • 1. Islam,
    2. tamyiz, (Bisa membedakan baik & buruk)
    3. Tidak sedang haid atau nifas, (Perempuan)
    4. Bersih dari sesuatu yang dapat mencegah basuhan air ke kulit.
    5. Terbebas dari hal-hal yang mencegah air untuk mengenai anggota wudhu,
    6. Mengetahui Rukun Wudhu
    7. Airnya bersih,
    8. Tidak meyakini bahwa fardhunya wudhu adalah bagian dari sunnah,
    9. Masuk waktu shalat,
    10. Berulang-ulang.

  • Rukun Wudhu
  • 1. Membasuh muka,
    2. Membasuh kedua tangan sampai siku,
    3. Mengusap sebagian kepala,
    4. Membasuh kedua kaki beserta kedua mata kaki,
    5. Tertib



  • Tata Cara Wudhu Beserta Gambarnya
  • Doa Niat wudhu

    Baca: Hakikat Niat, Tidak perlu Diucapkan
    Saat Kita berkeinginan melakukan wudhu itulah Niat.

    Gerakan Wudhu:[1]

    kamu bisa melakukannya 1x atau 2x pada setiap Gerakan , untuk hasil maksimal cobalah menigakalikan (3x) setiap Gerakan.
    contoh: membersihkan kaki kanan 3x, lalu kaki kiri 3x.

    1. Membersihkan Kedua Telapak Tangan
    wudhu yang benar
    Baca Basmallah saat mencuci kedua tanganmu.

    2. Membersihkan Mulut & Membersihkan Lubang Hidung
    cara wudhu
    cara wudhu
    Berkumur-kumur dan menghirup air (bersamaan) dari tangan kanan, lalu keluarkan dan bersihkan lubang hidung dengan tangan kiri.

    3. Membasuh Muka
    gambar cara wudhu
    4. Membersihkan Kedua Tangan sampai Siku
    tata cara wudhu
    Bersihkan Tangan Kanan sampai siku terlebih dahulu, baru Tangan Kiri.

    5. Mengusap Kepala
    gambar cara wudhu
    6. Menyapu Daun Telinga
    gambar tata cara wudhu yang benar
    7. Membersihkan Kedua Kaki sampai Mata Kaki
    gambar tata cara wudhu
    Bersihkan Kaki Kanan sampai mata kaki terlebih dahulu, Baru Kaki Kiri.

    Doa Sesudah Wudhu

    اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰه ُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَاالتَّوَّابِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ
    Latin :
    Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu . Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadatishalihin.”

    * kamu bisa membaca sampai wa rasuluuhu saja, atau sampai selesai shalihin.

    Artinya :
    “Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang esa , tiada sekutu bagi-Nya . Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya . Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat , dan jadikanlah saya orang yang suci , dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.”

    Selain untuk Sholat wudhu juga bermanfaat untuk sunnah-sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW yang terdapat di banyak hadist.

    Apa saja yang membatalkan Wudhu?
    1. Buang angin (Kentut)
    2. Buang air kecil
    3. Buang air besar
    4. Keputihan
    5. Keluar Wadi & madzi (bukan Mani)
    6. Pingsan & Tidur Lelap
    7. Gila / hilang akal (termasuk mabuk)


    Jika ragu dengan postingan ini cobalah untuk melihat referensi.
    Referensi:
  • (QS. Al-Ma'idah Ayat 6) : "Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan sholat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur."
  • Dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘Anhu, dari Nabi SAW beliau bersabda: "Seandainya tidak memberatkan ummatku maka sungguh akan aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali wudhu. (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Dari sahabat Anas RA, Rasulullah SAW bersabda: Berwudhulah dengan menyebut nama Allah. (HR. An-Nasa'i)
  • Dari sahabat Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW beliau bersabda: "Jika salah satu dari kalian bangun dari tidur maka janganlah memasukkan kedua tangan ke dalam wadah air hingga dia mencucinya terlebih dahulu. Sebab dia tidak tahu dimana tangannya tadi malam." (HR. Bukhari dan Muslim).
  • Dari Humran bahwa Utsman RA meminta air wudhu: "… Lalu berkumur-kumur dan menghirup air dengan hidung dan mengembuskannya keluar. Kemudian Utsman berkata: "Saya melihat Rasulullah SAW berwudhu seperti wudhu-ku ini." (HR. Bukhari Muslim)
  • Dari Humran bahwa Utsman RA meminta air wudhu: … Lalu berkumur-kumur dan menghirup air dengan hidung dan menghembuskannya keluar … Kemudian Utsman berkata: "Saya melihat Rasulullah SAW berwudhu seperti wudhu-ku ini." (HR. Bukhari Muslim)
  • Dari Abdullah bin Yazid bin Ashim tentang cara berwudhu, dia berkata: "Rasulullah mengusap kepalanya dengan kedua tangannya dari muka ke belakang dan dari belakang ke muka." Dalam lafaz lain, "Beliau mulai dari bagian depan kepalanya sehingga mengusapkan kedua tangannya sampai pada tengkuknya lalu mengembalikan kedua tangannya ke bagian semula." (HR. Bukhari Muslim)
  • Dari Ibnu Abbas bahwa Nabi SAW mengusap kepala dan dua telinganya. Beliau memasukkan dua jari telunjuk (ke bagian dalam daun telinga), sedangkan kedua jempolnya ke bagian luar daun telinga. Beliau mengusap sisi luar dan dalam telinga. (HR. Ibnu Majah)
  • Dari 'Ashim bin Laqith, dari ayahnya (Laqith), ia berkata: Rasulullah bersabda: Jika engkau berwudhu, ratakanlah wudhu dan basahi sela-sela jari dengan air. (HR. Tirmizi, Nasa’i, dan Abi Dawud)
  • Dari Anas bin Malik, Nabi SAW bila berwudhu mengambil secukupnya dari air, dan memasukkannya ke bawah dagunya dan meresapkan air ke jenggotnya. Beliau bersabda: "Beginilah Tuhanku memerintahkanku." (HR. Abu Daud dan Baihaqi)
  • Dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: "Bila kalian berpakaian dan berwudhu maka mulailah dari bagian-bagian kananmu." (HR. Ahmad, Abu Daud, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Baihaqi)
  • Dari Ibnu Umar, ia berkata: Bahwa Nabi SAW membasuh anggota wudhu masing-masing satu kali lalu bersabda: "Ini adalah amal yang Allah tidak akan menerimanya kecuali dengan cara ini." Kemudian beliau membasuh masing-masing dua kali dan bersabda: "Ini yang membuat Allah melipatgandakan amal dua kali lipat." Kemudian beliau membasuh masing-masing tiga kali dan bersabda: "Ini adalah wudhu'ku dan wudhu'nya para Nabi sebelumku." (HR. Daruquthuni)
  • Dari Umar, ia berkata Rasulullah bersabda: Siapa pun di antara kalian yang berwudhu, dan menyempurnakan wudhunya, lalu membaca: "asyhadu alla ilaaha illallahu wahdahuulaa syariikalah, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh…", pasti akan dibukakan baginya pintu-pintu surga. (HR. Muslim dan Tirmizi). Dalam riwayat Tirmizi ditambahkan bacaan: "Allahummaj'alni minat tawwabiina waj'alni minal mutathohhiriin." (HR. Tirmizi)
  • [1] Gambar Tata Cara Wudhu : https://gorontalo.kemenag.go.id/artikel/40613/tata-cara-wudhu
  •  

    TerPopuler